Imbas Covid 19

Sejak awal Maret 2020, pemerintah mengumumkan korban pertama covid 19 di Indonesia. Sejak saat itu, korban terus bertambah, angka kematian pun semakin tinggi. Sehingga diperlukannnya langkah preventif guna menekan angka jumlah korban yang terus bertambah. Langkah pemerintah termasuk merumahkan semua pelajar mulai dari tingkat PAUD sampai tingkat Mahasiswa. Pembelajaran jarak jauh menjadi alternatif semua pihak untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar, termasuk di SMPN 2 Cikupa.

Dengan dirumahkannya seluruh kegiatan SMPN 2 Cikupa, Kepala SMPN 2 Cikupa, Mohamad Farhi, S. Pd, SH. i mengeluarkan surat keputusan agar kegiatan belajar mengajar yang melibatkan guru dan siswa tetap dlaksanakan menjadi Pembelajaran Jarak Jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi dan telekomunikasi internet.

Ini bertujuan agar siswa siswi SMPN 2 Cikupa walaupun tidak keluar rumah tetapi tetap mendapatkan ilmu melalui pembelajaran dan tugas-tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran masing-masing pada jadwal yang sebelumnya sudah disusun oleh kurikulum dengan menyesuaikan kedalam kondisi dan situasi terkini.

Pada minggu ke-3 Pembelajaran Jarak Jauh beberapa siswa mulai merasakan dampak psikis yang mereka alami, seperti perkataan Nadya kelas 8G yang juga merupakan ketua OSIS SMPN 2 Cikupa, "bosen, kangen sama sekolah, lebih enak belajar langsung daripada jarak jauh, ketemu temen-temen sama guru-guru." Penugasan pelajaran yang diberikan oleh guru-guru pun mulai mengalami penurunan, beberapa siswa bahkan sudah mulai menghilang dari beberapa class online yang diadakan oleh guru masing-masing. Namun tugas wali kelas lah untuk mengembalikan semangat anak-anaknya untuk kembali mengikuti kelas online dan mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan oleh guru mereka. 

Semangat terus anak-anak, jangan pernah bosan mencari dan menggali ilmu, karena hanya ilmu yang bisa mengantarkan kalian kepada kesuksesan. Ingat, sekolah hanya bagian kecil dari tempat kalian belajar, karena tempat belajar sesungguhnya adalah dunia. Knowledge is everywhere, all you have to do is learn.

Add comment


Artikel