WORKSHOP PENGEMBANGAN SEKOLAH DAN KURIKULUM

Dalam rangka menghadapi Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dipastikan harus diadakan dengan cara daring/online, pihak sekolah berinisiatif untuk mengadakan pelatihan bagi seluruh pegawai SMPN 2 Cikupa baik guru maupun tenaga kependidikan. Pelatihan diadakan untuk mempersiapkan segala kebutuhan guru dalam menghadapi kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi baik kebutuhan mental maupun kebutuhan sarana dan prasarananya.

Kegiatan diadakan selama 2 hari yaitu dari tanggal 16 Juli - 17 Juli 2020 dengan nara sumber sebanyak 6 orang dan jumlah peserta sebanyak 50 orang. Materi yang diberikan di hari pertama adalah tentang pengembangan sekolah dengan nara sumber Drs. H. Fahrudin, M. Pd selaku Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang dan Dra. RR. Sri Murni Hartati, M. Pd selaku Pengawas Pembina Gugus 03 Cikupa Kabupaten Tangerang. Sedangkan dihari kedua para peserta mendapatkan materi tentang pengembangan kurikulum dari H. Sarun, S. Ag, MM selaku Pengawas PAI Kemenag, Mr. Hirohito perwakilan dari PT. Multi Info Dataindo yang mengenalkan tentang aplikasi sistem pembelajaran portaldik dan Drs. Chairil Apriliana, MM selaku Kabid GTK Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang.

Kami dari pihak sekolah akan terus berusaha mengembangkan potensi kami agar siap menghadapi keadaan apapun sehingga dapat melayani para orang tua yang telah memberikan kepercayaan kepada kami dengan menitipkan putra dan putri nya untuk kami didik.

Kenaikan Kelas

Tanggal 23 dan 24 Juni telah diadakan pembagian raport untuk kelas VII dan VIII Tahun Pelajaran 2019/2020. Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua hari dengan kelas VIII diadakan di hari Selasa, 23 Juni 2020 dan kelas VII di hari Rabu, 24 Juni 2020. Pembagian raport diadakan dengan tetap mengikuti protokol keamanan Covid 19, yaitu dengan tidak berkerumun, memakai masker dan tetap menjaga jarak. Para orang tua yang datang dipisahkan jam nya sesuai kelas, dengan 1 kelas mendapat jatah waktu selama 1 jam, sebelum dapat masuk ke area SMPN 2 Cikupa, orang tua terlebih dahulu di cek suhu dan diwajibkan untuk mencuci tangan pada fasilitas yang telah disediakan oleh sekolah. Pembagian raport pun diadakan secara cepat di lapangan sekolah.

Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 ini adalah semester terberat yang dialami siswa dan siswi SMPN 2 Cikupa dikarenakan pandemi Covid 19 ini. Namun walaupun demikian, mereka tetap menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, sehingga untuk Tahun Pelajaran 2019//2020 ini seluruh siswa dan siswi di nyatakan naik kelas tanpa ada yang tertinggal satu pun.

Selamat kepada seluruh siswa dan siswi kelas VII dan VIII yang sudah naik kelas, semoga dapat lebih baik lagi di tingkat selanjutnya.

Hari Lahir Pancasila

Tahukah kalian bahwa hari lahir Pancasila berbeda dengan hari kesaktian Pancasila? Hari kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober, peringatan ini berkaitan dengan G30S PKI, sedangkan hari lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni, peringatan ini sendiri berkaitan dengan isi pidato presiden pertama kita Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai, yang isinya memuat konsep dan rumusan awal dari Pancasila. Hari lahir Pancasila ini sendiri baru dijadikan sebagai hari libur nasional sejak tahun 2017 berdasarkan keppres no 24 tahun 2016.

Sekarang setelah tahu, jangan lupa untuk mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Jangan tanyakan apa yang sudah negara beri untuk kalian, tapi tanyakan pada diri sendiri, apa yang sudah kalian beri untuk negara Indonesia tercinta.

SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA




Angkatan 13

Selamat kepada siswa siswi SMPN 2 Cikupa tahun pelajaran 2019/2020 yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan kalian selama 3 tahun di SMPN 2 Cikupa. Angka 13 pada urutan angkatan kalian tidak menandakan "kesialan" untuk kalian. Sebaliknya, angkatan kalian adalah angkatan istimewa yang tidak dirasakan/dimiliki oleh angkatan-angkatan sebelumnya. Ujian Online, tidak ada UNBK, tidak ada wisuda, tidak ada tour, bukan menandakan kalian angkatan "sial", semuanya menandakan bahwa kalian istimewa sehingga Tuhan memilih kalian karena Dia tahu kalian akan kuat melewatinya. 

Sekali lagi selamat, walau tanpa wisuda dan upacara adat seperti biasanya kami seluruh pegawai SMPN 2 Cikupa, Kepala Sekolah, guru, staff Tata Usaha dengan penuh rasa bangga dan rasa haru melepas kalian, berlarilah menuju masa depan kalian, pilih jalur yang benar, selalu ingat kepada almamater kalian SMPN 2 Cikupa. 

Artikel